Kamis, 28 Februari 2013

Pasang Electric Starter di Yamaha RX-King

Di motor sport macam Yamaha RX-King tidak mengaplikasi elektric starter. Apalagi RX-King termasuk motor 2-tak yang di zamannya terasa aneh jika ada elektrik starternya.

Namun sekarang zaman serba praktis, cuy. Supaya simpel enak pasang elektrik starter. Seperti yang dilakukan Evnu Prastowo dari Tole Motor pada Yamaha RX-King keluaran 2000. Sebenarnya pemasangan elektrik starter ini awalnya untuk mendukung konsep modifikasi RX-King-nya, yang diubah lebih modern bergaya street fighter.

Namun enggak ada salahnya langkah ini juga ditiru pemilik RX-King lainnya. “Pakai elektik stater punya Honda Vario lebih gampang,” buka Evnu yang lebih dikenal dengan panggilan Tole. Lebih gampang karena elektrik starter Honda Vario nggak ada one way. “Kalau pakai elektrik starter yang ada one way susah pasangnya,” tambah Tole.

Siapkan saja dulu elektrik starter Honda Vario . “Bisa beli elektrik starter Honda Vario di AHASS atau toko spare parts Honda,” kata Tole. Jangan tertukar dengan elektrik starter punya Honda Vario 125 PGM-FI, karena Vario injeksi enggak punya dynamo starter.
 Komponen elektrik starter ini terdiri dari dinamo, pinion dan rumah pinion. Cara kerjanya dinamo yang berfungsi menggerakkan pinion disuplai listrik dari bendik.

Sedangkan bendik punya peran untuk memutus dan mengalirkan arus listrik dari aki ke dinamo starter.

Selanjutnya dinamo starter berfungsi menggerakan gir pinion. Dinamo starter ini jarang alami kerusakan. Ini terjadi karena karena kumparan dynamo cukup awet.

Dalam rumah pinion tadi terdapat gir kecil yang berfungsi meneruskan daya putar starter ke mesin dengan menggunakan ring gir.

Hal lainnya, tinggal pikirkan cara kerja bendik. “Untuk switch starter atau bendik bisa pakai punya motor apa saja,” jelas Tole yang punya nomer telepon 0811-872325. Cara pasang yang dilakukan Tole sebenarnya sama saja dengan motor lainnya.

Cara kerjanya cukup mudah. Setelah dinamo starter bekerja menggerakkan gir pinion, selanjutnya gir pinion meneruskan daya gerak ke gir starter yang berada di crankcase kiri.

"Agar lebih mudah gir starter ini juga posisinya berada di magnet dengan membuat dudukan baru. Jadi, ketika elektrik starter ini bekerja, maka akan menggerakan magnet yang juga memutar kruk as buat memompa kompresi di ruang bakar," kata Tole.

Harus dipikirkan dengan cermat penempatan electric starternya Honda Vario ini. “Pasang di bawah crankcase dengan membuat tiga lubang dudukan. Tempat itu paling pas untuk pasang elektrik starter Vario,” cetus Tole dari Jl. Serdang Baru Raya No. 7, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Tole hal paling sulit. “Pada motor 2-tak lainnya agak susah cari posisi elektrik starter yang pas,” tambahnya. Elektrik starter yang dipasang pada RX-King garapan Tole posisinya termasuk aman karena tidak merusak bagian lainnya atau mengganggu kinerja elektrik starter itu sendiri.

“Ingat! Yang musti diperhitungkan matang, penempatan elektrik starter-nya. Selebihnya, pasangnya sama saja dengan motor lain,” pungkas Tole. Buat tebus electric starter Vario, siapkan uang Rp 375 ribu. (motorplus-online.com)

SUMBER

1 komentar:

  1. kalau diaplikasikan ke ninja rr disebelah mana bagusnya letak dinamo starternya?apa aja yg diperlukan?thanks infonya

    BalasHapus